Selasa, 18 Agustus 2020

Cara Membuat Game Full Screen

 

 

Bermain game dengan kondisi full screen memang punya pengalaman. Apalagi bermain di kondisi ruangan yang gelap plus headset dengan volume yang nyaring, sensasi bermain game semakin seru! (Jangan ditiru). Opsi Layar Penuh sendiri sudah ada di semua pengaturan game. Masalahnya, terkadang ada orang yang kurang paham bagaimana cara mengatur layar Full Screen agar main game bisa penuh. Ada juga game yang memiliki 'error', dimana setting Full Screen bahkan tidak berpengaruh apapun (Masih dalam mode windowed). Ada banyak penyebabnya.

Beberapa disebabkan oleh bug dalam game, pengaturan yang salah di salah satu bagian sistem. Terkadang game jadul tidak dapat menggunakan mode Layar Penuh. Pasalnya, resolusi monitor yang digunakan sekarang kebanyakan 'wide' alias lebar. Dulu masih berupa kotak (tube screen). Nah, di sini saya akan menulis beberapa solusi yang mungkin bisa membantu membuat game Anda menjadi Layar Penuh.

Begini caranya:


1. Pengaturan Pengaturan Grafik Game

 

Terkadang pemula 'sejati' tidak tahu bagaimana caranya. Faktanya, sangat mudah untuk mengubah pengaturan Layar Penuh.

Pertama, buka game, masuk ke opsi, cari tampilan atau pengaturan grafis. Kemudian cari pengaturan Full Screen kemudian ubah ke ON.

Jika tidak, biasanya ada 2 pengaturan di dalam game. Game pertama di dalam, game kedua di luar. Jika tidak ada di dalam game, coba temukan pengaturan di luar game. Buka folder tempat Anda menginstal game.


2. Atur Pintasan yang Dimaksimalkan

 

Saat game diinstal dan pengaturan 'tampilkan pintasan di desktop', aplikasi yang diinstal akan menampilkan pintasan.

Nah sobat bisa mencoba membuat game yang ingin anda mainkan full screen, caranya:

Klik kanan shortcut game yang ingin Anda mainkan -> Klik Properties -> Pergi ke Tab Shortcut -> ubah kolom Run: menjadi Dimaksimalkan.

 

• Baca juga:


3. Mengedit Aplikasi Regedit

 

Ada pengaturan regedit yang bisa Anda coba untuk membuat game menjadi layar penuh. Cara ini sudah banyak tersebar di Google. Jadi saya taruh saja di sini .. Siapa tahu itu berhasil.

Caranya seperti ini:

1. Pertama, pada kolom Search Windows (Bawah) Ketik Regedit dan kemudian buka. Atau bisa juga klik Windows Key + R> Ketik Regedit lalu klik OK.

2. Selanjutnya, masuk ke -> HKEY_LOCAL_MACHINE -> SYSTEM -> SYSTEM -> ControlSet001 -> Control -> Graphics Drivers -> Configuration.

3. Lihat lagi di bagian bawah. Akan ada banyak Folder. Jika ada banyak, coba klik yang pertama.

4. Kemudian, jika sudah klik folder pertama, buka lagi Folder 00 dan buka lagi Folder 00 di bawahnya (2 kali).

5. Lihat di sebelah kanan, Scaling> Double klik kode yang ada> Ubah nomor yang tertera menjadi 3, dan di bagian base pilih hexadecimal lalu klik OK (Cek gambar diatas).

Jika sudah, restart komputer / laptop agar efeknya diterapkan. Oh ya, semua risikonya, temanku, tanggung. Jika ada error seperti Blacksreen atau sejenisnya.

Jika mau, Anda dapat melakukan pemulihan sistem yang aman terlebih dahulu. Temukan caranya di google.

• Baca Juga


4. Menggunakan software Fullscreenizer

 

Fullscreenizer, ialah aplikasi untuk menciptakan game berjendela Fullscreen. Aplikasi ini paling besar, melulu sekitar 600KB.

Cara pemakaian yang mudah:

• 1. Buka software fullscreenizer. Buka segera tanpa menginstal sebab portabel.

• 2. Buka game yang diinginkan.

• 3. Buka kembali software fullscreenizer, klik game yang diharapkan lalu klik Fullscreenize

Game atau aplikasi yang awalnya tidak layar sarat akan pulang menjadi layar penuh. Namun telah diuji, terdapat game yang tidak dominan dengan software ini. Solusinya, jajaki langsung ke point 5:

 

5. Menggunakan Software Borderless Gaming

 

Misalnya, game tidak digunakan, karena software screenshot saya tidak berfungsi

 

Software ini paling efektif untuk menciptakan game yang awalnya tidak Full Screen menjadi Full Screen.

Oh iya, tapi aplikasi Borderless Gaming ini sebetulnya tidak dapat membuat game Fullscreen. Tapi melulu dalam mode Borderless Windows (Giddy ya?).

Mode Borderless, ialah game atau software yang terlihat laksana dalam layar penuh, sebenarnya sebenarnya tidak. Taksbar di unsur bawah masih dapat dibuka laksana biasa.

Jadi separuh ya separuh tidak. Ini laksana membuka software seperti browser.

Ini ialah game Tanpa Batas, ukurannya paling kecil. Hanya 1,3 MB dan dapat didapatkan di: github.com/Codeusa/Borderless-Gaming.

Cara Penggunaan:

• 1. Instal software sebelum digunakan.

• 2. Buka aplikasi.

• 3. Buka game yang hendak Anda mainkan.

• 4. Buka kembali software Borderless Gaming.

• 5. Perhatikan sisi kiri kemudian klik logo / simbol guna memperbesarnya (nanti bakal Anda ketahui) untuk menciptakan mode game borderless.

Selesai.

Saya sudah menguji software game tanpa batas ini dan sedang menggarap game baru (Exodus pada 2019). Anda pun dapat menggeser software yang Anda mau ke kanan untuk menciptakan game kita bermain secara otomatis tanpa batas.

Itu saja, mungkin tersebut saja. Dan butuh diingat, 5 teknik diatas belum pasti 100% berhasil. Banyak hal yang menciptakan game ini tidak fullscreen. Ada game yang telah dikunci sampai-sampai tidak dapat fullscreen.

Ada pun game yang tidak dapat sepenuhnya diputar sebab pengaturan atau penataan yang salah.

Sebenarnya terdapat juga teknik mengatur grafik lewat driver. Tapi agak 'rumit' guna disajikan. Alasannya ialah banyak orang memakai versi driver dan vendor VGA yang berbeda.

Sehingga nantinya bakal 'mentok' sebab menimbulkan kebingungan.

Jika tidak berhasil, silakan bereksperimen sendiri hingga berhasil.

Dan terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar